Halaman

Senin, 11 Maret 2013

Tentang Sakit Gigi, cara mengatasi, obat alami, pengaruh sakit gigi terhadap organ lain, penyebab serta pencegahan dan pengobatan dengan rempah,






Sakit gigi adalah rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.
Sakit gigi biasanya merujuk kepada rasa sakit di sekitar gigi atau rahang terutama sebagai akibat dari kondisi gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Namun, gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang juga dapat menyebabkan sakit yang disebut sebagai "sakit gigi". Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. Sebuah ujian lisan menyeluruh, yang mencakup gigi X-ray, dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang dan penyebabnya.
Kadang-kadang, sakit gigi mungkin disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang. Sakit di sekitar gigi dan rahang dapat gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung ), telinga (seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam), dan sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi). Misalnya, sakit angina (pasokan darah beroksigen yang tidak memadai ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah ke jantung) biasanya terletak di bagian dada atau lengan. Namun, pada beberapa pasien dengan angina, rasa sakit sakit gigi atau rahang adalah satu-satunya gejala dari masalah hati mereka. Infeksi dan penyakit telinga dan sinus juga dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar gigi dan rahang. Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter kadang-kadang diperlukan untuk mendiagnosa penyakit medis yang menyebabkan "sakit gigi."
http://id.wikipedia.org/wiki/Sakit_gigi

Cara mengobati sakit gigi secara alami

Tepung lada

Campuran sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam dinyatakan sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi..(mic/)
Buah belimbing wuluh
5 buah belimbing wuluh dicuci bersih, makan dengan sedikit garam, kunyah ditempat gigi yang berlubang.

Es balok/batu
Ambil sepotong kecil es balik dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan? Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 – 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang.

Bawang putih
Bawang putih di potong halus si bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

Bawang merah
Caranya sama dengan Bawang Putih. Kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut.

Jeruk nipis
Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

Garam
Caranya mudah, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash. Berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi.

Cengkeh
Gunakan 10 Butir cengkeh disangrai lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk, kemudian bubuk cengkeh dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang lalu ditutup dengan kapas. Barang putih secukupnya ditumbuh hingga halus kemudian ditempelkan pada gigi yangberlubang.

Cabai hijau

Gunakan cabai hijau dipotong ujungnya sedikit lalu dibakar. Setelah panas, tempelkan cabai tersebut pada gigi yang sakit.

Daun kembang sore
Gunakan daun kembang sore direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu selagi hangat digunakan berkumur-kumur

10 Cara mudah mengatasi sakit gigi

dilansir dari Health Me Up (12/12)
·  Tidak menjaga kebersihan mulut adalah penyebab kenapa bakteri berkumpul dan memicu rasa sakit pada gigi. Jadi jangan malas membersihkan mulut terutama setelah Anda makan.
·  Minum air putih adalah cara kedua mengatasi sakit gigi. Dengan rajin minum air, bakteri tidak akan berlama-lama tersangkut di mulut dan menyebabkan sakit gigi.
·  Meskipun Anda rajin menggosok gigi, namun cara yang salah bisa menyebabkan gigi menjadi sakit. Jadi gosok gigi Anda dengan benar demi kebersihan mulut secara maksimal.
·  Penyebab lain dari sakit gigi adalah pasti gigi yang Anda gunakan. Setelah beberapa bulan, ganti saja pasta gigi Anda secara berkala. Sebab bakteri cenderung terbiasa dan kebal jika Anda kerap menggunakan pasta gigi yang sama.
·  Sakit gigi juga bisa diatasi dengan berkumur air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Fungsinya adalah membersihkan gigi dari bakteri yang menyebabkannya sakit.
·  Coba kompres gigi dengan air panas atau dingin saat mulai merasakan sakit. Dengan demikian, gigi secara sementara akan mati rasa sehingga sakitnya pun tidak akan terlalu parah.
·  Gunakan terapi kantung teh celup saat sakit gigi melanda. Caranya, taruh kantung teh ke dalam microwave dengan air selama 30 detik. Kemudian peras air di dalamnya dan gigit kantung teh di antara gigi yang sakit. Cara tersebut dikenal mampu mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit gigi.
·  Cara mudah berikutnya untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan makan lemon. Vitamin C dalam buah tersebut mampu mengurangi nyeri akibat sakit gigi.
·  Hindari makanan yang mengandung banyak gula atau cabai dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyahnya.
·  Mengonsumsi makanan yang direbus lebih disarankan karena teksturnya lebih lembut dan tidak akan menyakiti gigi Anda
http://www.merdeka.com/sehat/10-cara-mudah-mengatasi-sakit-gigi.html


Pengaruh Sakit Gigi Terhadap Organ Tubuh Lainnya

pengaruh akibat sakit gigi terhadap organ tubuh lainnya :

1. Bukan hanya diakibatkan dari tingginya kadar gula dalam darah, ternyata masalah gigi dan mulut juga bisa menyebabkan diabetes. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang bermula pada mulut yang pada akhirnya melemahkan kemampuan tubuh untuk mengelola gula darah.

2. Perempuan dengan penyakit gusi memiliki risiko komplikasi kehamilan dua kali lebih besar dibanding wanita yang tidak memiliki masalah mulut. Komplikasi bisa berupa kelahiran prematur dan lainnya.

3. Penyakit periodontal bisa menyebabkan penyakit pernapasan seperti pneumonia semakin memburuk. Hal ini kemungkinan besar karena banyaknya bakteri yang terbawa ke paru-paru.

4. Penyakit periodontal. Penyakit ini merupakan masalah yang menyerang kesehatan gusi. Awalnya, periodontal disebabkan oleh gingivitis yang menyebabkan gusi bengkak, berwarna merah pekat, bahkan hingga berdarah.

5. Endokarditis. Penyakit yang menyerang bagian dalam jantung. Hal ini terjadi karena bakteri yang muncul dalam mulut yang pada akhirnya terbawa aliran darah melalui penyakit gusi kecil atau gusi yang berdarah.

6. Jika bakteri yang ada pada mulut terbawa aliran darah hingga ke jantung, maka bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit jantung seperti tersumbatnya arteri hingga stroke.

7. Kesehatan otak juga berpengaruh dari kesehatan gigi dan mulut Anda. Jika dibiarkan terjadi dalam waktu yang lama, hal ini akan mempengaruhi hilangnya ingatan karena bakteri yang telah menguasai otak.

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Pencegahannya

# GUSI BENGKAK
Gusi bengkak yang biasanya disebabkan oleh infeksi sebagai akibat dari berkumpulnya bakteri di sela-sela antara gigi dan gusi. Gusi bengkak ini selain bisa mengakibatkan gigi tanggal juga bisa mengakibatkan penyakit kronis lainnya seperti: Jantung, Diabetes Militus. dll

Cara mencegah supaya tidak terjadi gusi bengkak adalah dengan cara menggosok gigi dengan lembut dan perlahan supaya gusi tidak terluka sehingga makanan tidak masuk dan membuat gusi menjadi meradang dan bengkak


# PLAK GIGI
Plak gigi yang terbentuk dari air liur dan protein biasanya berupa lapisan tipis berwarna kuning yang melapisi permukaan gigi. Pada jangka panjang dan tanpa perawatan yang baik, plak bisa menyebabkan gigi berlubang dan peradangan gusi.

Cara mencegah supaya tidak terdapat plak gigi adalah dengan cara selalu menyikat gigi setelah selesai makan untuk menghindari sisa makan yang tertinggal di sela-sela gigi sehingga tidak memberi kesempatan pada bakteri untuk berkembang biak


# BAU MULUT TIDAK SEDAP
Bau mulut atau biasa disebut halitosis pasti sangat mengganggu aktivitas kita karena bisa meruntuhkan rasa percaya diri kita. Bau mulut tidak sedap sebagian besar disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi yang merupakan tempat favorit jutaan bakteri untuk berkembang biak. Hanya sedikit kasus bau mulut tidak sedap yang disebabkan oleh adanya penyakit pada rongga mulut.

Cara mencegah bau mulut tak sedap adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan dan kesegaran mulut dengan cara menggosok gigi minimal 2x sehari serta jangan lupa untuk membersihkan lidah secara rutin.


# NODA YANG TERDAPAT PADA GIGI
Noda pada gigi disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna seperti kopi, teh, dll. Bila dibiarkan makan akan mengganggu penampilan serta tidak jarang membuat gigi menjadi rapuh.

Cara mengatasi noda pada gigi adalah dengan cara selalu berkumur setelah mengkonsumsi minuman yang berwarna


# EMAIL GIGI RAPUH
Email gigi yang rapuh disebabkan oleh kurangnya konsumsi mineral dan kalsium. Selain itu, email gigi rapuh juga bisa disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi minuman dan makanan yang sangat manis serta berasam tinggi.

Cara mengatasi email gigi yang rapuh bisa dengan cara menghindari makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi atau terlalu manis. Selain itu biasakan untuk selalu menggosok gigi (minimal berkumur) setelah minum/makan sesuatu yang manis dan mengandung asam  


Tepung lada

Campuran sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam dinyatakan sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi..(mic/)
Tepung lada

Campuran sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam dinyatakan sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi..(mic/)
PENGOBATAN DENGAN REMPAH TRADISIONAL SAKIT GIGI

1. Bawang putih diparut, ditambah sedikit garam, kemudian sumpal ke gigi yang sakit karena berlubang.
2. keringkan daun sirih (dijemur) sebanyak 100 gr, lalu diiris kecil-kecil kemudian di rendam dengan ethanol (alkohol >95%), kemudian dimasak sampai ethanolnya menguap semua. Sisanya adalah minyak daun sirih. Didapat sejumlah kecil minyak daun sirih. Bisa dipakai langsung diteteskan ke gigi yang berlubang.

3. ini yang lebih lengkap : Banyak tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan gigi. Rasa yang khas dari dari cengkih misalnya, membuat tanaman ini sering dimanfaatkan. Selain cengkih, ada sejumlah tanaman lain yang memiliki khasiat serupa. Cengkih memiliki sifat antiseptica (antikuman), carminativa (peluruh angin), rubefaciencia (memanaskan kulit), antispasmodica (menghilangkan kejang), dan analgesik (pati rasa). Karenanya tanaman ini bisa digunakan untuk obat sakit gigi. Selain juga bisa untuk nyeri haid, rematik/pegal linu, masuk angin/mual, suara parau (serak), dan selesma.

Demikian pula dengan sirih. Tanaman yang berasal dari India, Sri Lanka, dan Malaysia ini telah dikenal sejak tahun 600 SM
http://www.bandung123.com/2012/12/Obat-mujarab-sakit-GIGI-dan-Waktu-yang-tepat-cabut-gigi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar