Halaman

Selasa, 05 Maret 2013

Tentang Diabetes mellitus (kencing manis), 5makanan untuk penderita diabetes,12 buah untuk penderita diabetes serta hal yang wajib diperhatikan penderita diabetes




Diabetes mellitus
Diabetes mellitus, DM (bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau pancuran air) (bahasa Latin: mellitus, rasa manis) yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:

Komplikasi

Komplikasi jangka lama termasuk penyakit kardiovaskular (risiko ganda), kegagalan kronis ginjal (penyebab utama dialisis), kerusakan retina yang dapat menyebabkan kebutaan, serta kerusakan saraf yang dapat menyebabkan impotensi dan gangren dengan risiko amputasi. Komplikasi yang lebih serius lebih umum bila kontrol kadar gula darah buruk.

5 Makanan untuk penderita diabetes

Makanan-makanan ini mampu membantu para penderita diabetes untuk menjaga tingkat gula darah mereka tetap stabil, seperti dilansir oleh WebMD (26/11)
1. Oatmeal
Oatmeal bisa membantu menjaga tingkat gula darah. Namun Anda harus memilih oatmeal yang tidak mengandung pemanis buatan dan gula. Meski kaya karbohidrat, namun karbohidrat dalam oatmeal adalah jenis yang baik dan lama diserap tubuh, sehingga tak menaikkan gula darah. Oatmeal juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta mampu menurunkan berat badan.

2. Brokoli, bayam, dan kacang hijau
Beberapa jenis sayuran seperti brokoli, bayam, dan kacang hijau cocok untuk para penderita diabetes. Makanan ini kaya serat dan rendah karbohidrat. Namun hindari sayuran lain seperti buncis, kentang, dan jagung, karena kaya karbohidrat dan mampu meningkatkan gula darah.

3. Strawberry
Buah ini dijauhi penderita diabetes karena rasa manisnya. Namun rasa manis pada strawberry tak akan meningkatkan gula darah berlebihan. Strawberry lebih baik dijadikan cemilan dibanding kue atau sayuran lain. Strawberry rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya air dan serat, sehingga membuat orang kenyang lebih lama.

4. Salmon dan daging
Salmon dan daging kaya protein serta tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Jika dimakan dalam porsi yang tepat, daging serta ikan bisa jadi pilihan baik bagi penderita diabetes. Daging juga mengandung chromium yang membantu insulin bekerja dengan baik.

5. Kayu manis
Penelitian di Jerman menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis mampu menjaga tingkat gula darah pada pasien diabetes. Dibanding placebo, rempah-rempah ini bisa menurunkan tingkat gula darah hingga 10,3 persen.

Lima makanan di atas bisa membantu Anda menjaga tingkat gula dalam darah. Untuk para penderita diabetes, makanan tersebut juga bisa dimasukkan dalam diet sehat sehari-hari.

12 Buah Sehat untuk Penderita Diabetes

1. Apel
Sebuah apel sehari membuat dokter pergi! Hal ini berlaku bagi penderita diabetes juga. Apel kaya akan pektin yang mengurangi tingkat insulin yang tinggi. Memakan apel segar atau jus sangat baik karena serat di dalamnya bisa membuat indeks glikemik rendah.

2. Pir.
Ini adalah satu lagi buah yang kaya pektin yang baik untuk penderita diabetes. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, pir bisa mengontrol kadar gula darah tinggi.

3. Aprikot
Dalam keadaan kering, Aprikot jauh lebih baik daripada yang segar. Buah ini kaya akan kalium yang baik untuk penderita diabetes juga.

4. Berry
Semua jenis berry seperti raspberry, stroberi, blueberry dan blackberry membantu menurunkan indeks glikemik penderita diabetes.

5. Ceri.
Ceri kaya serat yang menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Anggur
Anggur harus dikonsumsi dalam jumlah moderat. Artinya tak boleh berlebihan bagi penderita diabetes.

7. Plum
Buah ini memang belum begitu dikenal di Indonesia. Selain rendah kalori, plum juga rendah GI. Plum merupakan sumber yang kaya serat yang membuat buah ini ideal bagi penderita diabetes dan pasien jantung.

8. Orange
Jeruk sehat bagi penderita diabetes. Buah ini menurunkan GI, merupakan sumber yang kaya vitamin C dan yang paling penting, serat dalam jeruk memodulasi gula darah dengan memperlambat penyerapan ke dalam aliran darah.

9. Grapefruit
Buah jeruk ini mirip jeruk bali, tapi lebih kecil dari jeruk bali. Buah ini sehat bagi orang yang menderita diabetes karena secara alami menurunkan kadar gula darah tinggi.
The Diabetes Action Research and Education Foundation menyatakan, tidak ada bahan dalam jeruk yang akan menghambat produksi insulin. Buah ini baik dimakan segar atau di jus.

10. Alpukat
Lemak sehat dan potasium dalam alpukat membuatnya menjadi buah yang sehat bagi penderita diabetes. Buah ini juga menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

11. Melon
Sepotong melon mengandung serat dan manis rasanya selalu manis. Namun, hindari melon yang lebih matang karena dapat melonjakan kadar gula darah Anda.

12. Nektarin
Buah ini juga jarang dikenal di indonesia. Sejenis apel berwarna merah muda berbiji seperti kecambah. Buah ini juga dapat  mengurangi kemungkinan diabetes tipe-2.
Itulah 12 buah-buahan yang baik bagi penderita diabetes, walau sebagian buah tersebut belum begitu dikenal, ada baiknya Anda fokus ke buah-buah yang tersedia sambil mencari yang lainnya. Jadi, bagi Anda penderita diabetes mulai sekarang pertimbangkan lagi keputusan yang Anda buat selama ini tentang tak mengkonsumsi yang manis-manis termasuk buah.

Hal yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes

Diet untuk Penderita Diabetes

Apa saja diet yang dianjurkan bagi penderita diabetes? Simak 4 poin pertama yang wajib dilakukan penderita diabetes. (1) Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi karbohidrat serat seperti beras merah, sorghum, oats dan sejenisnya, serta sayuran segar. Yang jelas, hindari nasi putih yang kaya akan karbohidrat.
(2) Daging atau protein yang rendah lemak juga dianjurkan untuk variasi diet Anda. Selingan buah-buahan segar pun bisa dimasukkan dalam menu diet. Susu skim fat bisa menggantikan susu yang biasa Anda minum.
(3) Hindari makanan dengan kadar sodium tinggi (asin) dan makanan kalengan. (4) Tambahkan banyak bawang merah, bawang putih, dan buncis pada menu diet Anda.
Menurut penelitian Prof. Dr. H. Askandar Tjokroprawiro, ahli gizi Universitas Airlangga, ketiga jenis sayuran ini dapat menurunkan kadar lemak dan gula dalam darah sekaligus.

Olahraga Keseimbangan untuk Penderita Diabetes

Olahraga apa yang paling baik dan sesuai untuk penderita diabetes? Anda bisa berjalan ringan selama 30 menit sehari. Minimal Anda lakukan olahraga ini lima hari dalam seminggu.
Tapi, bagaimana jika Anda penderita diabetes akut? Ada tiga jenis olahraga keseimbangan yang sangat disarankan oleh American Diabetes Association.
Usahakan Anda memulainya dengan gerakan ringan untuk membangun keseimbangan, misalnya: (1) Jalan kaki lurus searah baik maju maupun mundur. (2) Berjinjit. Anda juga dapat mencoba (3) duduk dan bangun dari kursi berulang-ulang, atau berdiri dengan satu kaki dan tahan posisi ini selama 30 detik. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Suplemen untuk Penderita Diabetes

Ada tiga jenis suplemen yang paling dianjurkan untuk penderita diabetes diantaranya: (1) suplemen yang mengandung seng, (2) suplemen yang mengandung magnesium, dan (3) suplemen yang mengandung proxeronin.
Dari ketiga jenis suplemen di atas, suplemen dengan kandungan proxeronin adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Salah satu contohnya adalah sari buah Noni (Noni juice).
Lagi pula, proxeronin inilah yang dipercaya paling ampuh menekan kadar gula darah karena zat ini mampu memperbaiki sel beta pankreas. Ketika pankreas Anda diperbaiki, maka ada harapan tubuh Anda mampu memproduksi insulin lebih banyak.
Kerusakan organ akibat gula darah yang tinggi pun bisa dihindari. Dari sepuluh poin di atas, bagaimana menurut Anda? Apakah semuanya sulit dilakukan secara rutin? Jika Anda peduli dengan kesehatan Anda, tak ada yang tidak mungkin di dunia ini, bukan?

2 komentar: