Halaman

Jumat, 29 Maret 2013

inilah 17 Cara menjaga kesehatan ginjal ataupun cara menjaga ginjal tetap sehat


17 Cara menjaga kesehatan ginjal

ginjal

  1. Mengatur pola makan merupakan tips ampuh menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.
  2. Menjaga pencernaan merupakan langkah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Ini dapat dilakukan dengan menambah konsumsi makanan probiotik dan prebiotik serta makanan yang memiliki atau kaya serat yang cukup tinggi.
  3. Stop kebiasaan merokok merupakan langkah berikutnya yang sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. ini dikarenakan, kandungan nikotin dalam rokok berperan penting dalam gangguan ginjal yang akan anda alami. 
  4. Stop dari minuman beralkohol sekarang juga. Ini di karenakan dengan mengkonsumsi alkohol akan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal anda. karena mengakibatkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh anda yang pada akhirnya berujung pada gangguan ginjal anda.
  5. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. dalam hal ini 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda.
  6. Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anda. dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.
  7.  Usahakan tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.
8.       Jaga Berat Badan Ideal
Berat badan berlebih dan obesitas (kegemukan) dapat menyebabkan gangguan metabolisma dan timbulnya penyakit serius yang memiliki komplikasi penyakit ginjal seperti diabetes, hipertensi dan penyakit jantung.
9.       Jaga Tekanan Darah dalam Batas Normal (120/80 mmHg atau Kurang)
Tekanan darah tinggi seringkali menimbulkan komplikasi penyakit ginjal. Jika tekanan darah anda di atas normal atau anda menderita hipertensi, usahakan untuk mengendalikan tekanan darah anda untuk mencegah komplikasi penyakit ginjal.
10.   Makan Makanan Sehat Seimbang
Kekurangan zat gizi tertentu dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan termasuk gangguan fungsi ginjal. Kekurangan zat gizi tertentu juga dapat menyebabkan batu ginjal.
11.   Batasi Asupan Garam
Sodium (Na) dalam garam dapur (NaCl) memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun kelebihan sodium  dari garam dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan tersebut. Kelebihan sodium dalam tubuh juga dapat menyebabkan hipertensi.
12.   Banyak Makan Sayuran dan Buah
Sayuran dan buah-buahan menyediakan banyak nutrisi penting bagi kesehatan dan mencegah berbagai jenis penyakit termasuk penyakit ginjal. Bahan makanan dari sayuran buah juga membantu melancarkan pencernaan dan tidak mengandung nutrisi tertentu secara berlebihan.
13.   Jangan Menahan Buang Air Kecil (BAK)
Kebiasaan menahan pipis menghambat kerja ginjal dan membuat orang kurang mengkonsumsi air sehingga dapat menyebabkan batu ginjal.
14.   Pertahankan Kadar Glukosa Darah Normal (Dibawah 120 mg/dL)
Kadar glukosa darah terlalu tinggi dapat menyebakan diabetes yang merupakan faktor resiko penyakit ginjal diabetik. Kadar glukosa di atas normal membuat ginjal bekerja keras untuk membuang kelebihan glukosa dari darah.
15.   Jangan Terlalu Banyak Minum Vitamin C
Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi lebih dari 1000 mg per hari. Vitamin C dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kelebihan vitamin C dalam tubuh juga menambah aktivitas ginjal untuk membuang sisa vitamin tersebut dari aliran darah.
16.   Jaga kesehatan dan tetap beraktivitas
Beraktivitas yang dimaksudkan yakni melakukan aktivitas fisik. Aktiflah bergerak untuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda.
17.   Periksa fungsi ginjal secara rutin segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko
Bentuk pemeriksaan dapat berupa pengukuran laju filtrasi glomerulus (LFG) dan adanya protein dalam urin.
http://www.dechacare.com/8-Kiat-Menjaga-Kesehatan-Ginjal-I1514.html

11 komentar:

  1. makasih banyak nih atas infonya :)

    BalasHapus
  2. samasama :D senangnya saya, blog saya bisa membantu ..terimakasih banyak sudah komentar :D

    BalasHapus
  3. Makasih sharenya gam... moga info di blog ini bisa menjadi manfaat... thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunjugi juga blog kami, dengan berbagai informasi kesehatan dengan dua bahasa, menjual barang grosir dengan harga murah dan terjangkau, kata-kata romantis, dan yang gak mau kalah, foto hot khusus 18++

      http://irfangrosirmurah.blogspot.com/
      http://sehat-tubuhindah.blogspot.com/
      http://kata2cintaromantisdansedih.blogspot.com/
      http://sehot.blogspot.com/

      Hapus
  4. Kunjugi juga blog kami, dengan berbagai informasi kesehatan dengan dua bahasa, menjual barang grosir dengan harga murah dan terjangkau, kata-kata romantis, dan yang gak mau kalah, foto hot khusus 18++

    http://irfangrosirmurah.blogspot.com/
    http://sehat-tubuhindah.blogspot.com/
    http://kata2cintaromantisdansedih.blogspot.com/
    http://sehot.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. "wah artikelnya sangat bagus
    terimakasih yah"

    BalasHapus
  6. terima kasih atas info nya, saya suka saya suka

    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya.
    Jika berkenan silahkan kunjungi blog kami juga : Berbagai khasiat yang dimiliki oleh Susu Kambing Etawa etawa. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. artikelnya ijin copas ke blog ane di http://anakkampung222.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas tips-tips-nya sangat bermanfaat sekali.


    Jangan lupa kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id
    --------------------------
    IT Marketing
    PT Cendana Teknika Utama
    0813 1020 7780

    BalasHapus